Friday, March 11, 2016

ANALISA PASAR



Tujuan analisis pasar adalah untuk mengetahui daya tarik pasar dan untuk memahami perkembangan peluang dan tantangan yang berhubungan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
David A. Aaker menggarisbawahi beberapa dimensi analisis pasar:
-          Ukuran pasar (saat ini dan yang akan datang)
-          Laju pertumbuhan pasar
-          Profitabilitas pasar
-          Struktur biasaya industri
-          Saluran distribusi
-          Trend pasar
-          Faktor kunci kesuksesan
Ukuran pasar
Ukuran pasar dapat dinilai berdasarkan penjualan saat ini dan berdasarkan potensi penjualan. Beberapa sumber informasi untuk menentukan ukuran pasar adalah:  
·         Data pemerintah
·         Data dari asosiasi dagang
·         Data financial dari perusahaan besar
·         Survey pelanggan
Laju Pertumbuhan Pasar
Tujuan sederhana meramalkan laju pertumbuhan pasar adalah untuk pertubuhan pasar di masa depan berdasarkan data historis. Walaupun metode ini merupakan estimasi awal, tetapi tidak bisa memprediksi titik-titik penting. Salah satu metode yang baik adalah meneliti pendorong pertumbuhan seperti studi informasi demografi dan pertumbuhan penjualan produk komplementer. Informasi tersebut dijadikan sebagai indikator yang lebih akurat daripada hanya melakukan peramalan berdasarkan historis.
Titik pertumbuhan pasar kadang bisa diprediksi dengan membuat kurva difusi produk. Bentuk kurva dapat diestimasi dengan mempelajari karakteristik laju adopasi produk yang sama di masa lampau.
Terakhir, tahap maturitas dan tahap penurunan produk akan tercapai. Beberapa indikator penting dari fase penurunan meliputi tekanan harga yang disebabkan oleh kompetisi, penurunan loyalitas mereka,  munculnya produk pengganti/substitusi, kejenuhan pasar, dan kurangnya pendorong pasar.
Profitabilitas pasar
Berbagai perusahaan dalam sebuah pasar memiliki level profitabilitas yang berbeda-beda, potensi profit rata-rata dapat digunakan sebagai panduan untuk memahami bagaimana menghasilkan uang. Michael Porter menemukan sebuah kerangka acuan untuk mengevaluasi daya tarik sebuah usaha di pasar. Ada 5 kerangka acuan tersebut, dikenal sebagai lima kekuatan Porter meliputi: 
  • Kekuatan pasar
  • Kekuatan supplier
  • Penghalang masuk
  • Ancaman produk substitusi
  • Persaingan antar perusahaan
Struktur Biaya Industri
Struktur biaya penting untuk mengidentifikasi faktor kunci kesuksesan. Model rantai nilai Porter bermanfaat untuk menentukan nilai mana yang akan dimasukkan dan nilai mana yang akan dikeluarkan.
Struktur biaya juga berguna untuk menformulasi strategi untuk meningkatkan keuntungan kompetitif. Sebagai contoh, pada beberapa lingkungan bisnis, kurva pengalaman dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan .  
Saluran Distribusi
Aspek sistem distribusi yang digunakan untuk analisis pasar adalah:
-        Saluran distribusi saat ini – dapat dilihat dari bagaimana saluran distribusi tersebut digunakan.
-      Trend saluran pemasaran dan saluran yang muncul – saluran distribusi baru dapat memberikan peluang berkembangnya keuntungan kompetitif.
-        Struktur kekuatan saluran
Trend Pasar
Perubahan pasar penting dipertimbangan karena seringkali menjadi sumber peluang dan ancaman baru. Trend pasar adalah kecenderungan pasar finansial untuk bergerak pada arah tertentu sepanjang waktu. Trend tersebut digolongkan menjadi trend secular untuk kerangka jangka panjang, trend primer untuk kerangka jangka menengah, dan trend sekunder untuk kerangka jangka pendek.
Faktor Kunci Kesuksesan
Faktor kunci kesuksesan adalah elemen yang dibutuhkan agar perusahaan mencapai tujuan pemasaran. Beberapa contoh tersebut meliputi:
·         Penilaian sumberdaya penting
·         Kemampuan untuk mencapai ekonomi skala
·         Perkembangan teknologi


No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews