Tujuan analisis pasar adalah untuk mengetahui
daya tarik pasar dan untuk memahami perkembangan peluang dan tantangan yang
berhubungan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
David A. Aaker menggarisbawahi beberapa
dimensi analisis pasar:
-
Ukuran pasar (saat ini dan yang akan datang)
-
Laju pertumbuhan pasar
-
Profitabilitas pasar
-
Struktur biasaya industri
-
Saluran distribusi
-
Trend pasar
-
Faktor kunci kesuksesan
Ukuran pasar
Ukuran pasar dapat dinilai berdasarkan
penjualan saat ini dan berdasarkan potensi penjualan. Beberapa sumber informasi
untuk menentukan ukuran pasar adalah:
·
Data pemerintah
·
Data dari asosiasi dagang
·
Data financial dari perusahaan besar
·
Survey pelanggan
Laju Pertumbuhan Pasar
Tujuan sederhana meramalkan laju
pertumbuhan pasar adalah untuk pertubuhan pasar di masa depan berdasarkan data historis.
Walaupun metode ini merupakan estimasi awal, tetapi tidak bisa memprediksi
titik-titik penting. Salah satu metode yang baik adalah meneliti pendorong
pertumbuhan seperti studi informasi demografi dan pertumbuhan penjualan produk
komplementer. Informasi tersebut dijadikan sebagai indikator yang lebih akurat
daripada hanya melakukan peramalan berdasarkan historis.
Titik pertumbuhan pasar kadang bisa
diprediksi dengan membuat kurva difusi produk. Bentuk kurva dapat diestimasi
dengan mempelajari karakteristik laju adopasi produk yang sama di masa lampau.
Terakhir, tahap maturitas dan tahap
penurunan produk akan tercapai. Beberapa indikator penting dari fase penurunan
meliputi tekanan harga yang disebabkan oleh kompetisi, penurunan loyalitas mereka,
munculnya produk pengganti/substitusi,
kejenuhan pasar, dan kurangnya pendorong pasar.
Profitabilitas pasar
Berbagai perusahaan dalam sebuah pasar
memiliki level profitabilitas yang berbeda-beda, potensi profit rata-rata dapat
digunakan sebagai panduan untuk memahami bagaimana menghasilkan uang. Michael
Porter menemukan sebuah kerangka acuan untuk mengevaluasi daya tarik sebuah usaha
di pasar. Ada 5 kerangka acuan tersebut, dikenal sebagai lima kekuatan Porter meliputi:
- Kekuatan pasar
- Kekuatan supplier
- Penghalang masuk
- Ancaman produk substitusi
- Persaingan antar perusahaan
Struktur Biaya Industri
Struktur biaya penting untuk
mengidentifikasi faktor kunci kesuksesan. Model rantai nilai Porter bermanfaat
untuk menentukan nilai mana yang akan dimasukkan dan nilai mana yang akan
dikeluarkan.
Struktur biaya juga berguna untuk
menformulasi strategi untuk meningkatkan keuntungan kompetitif. Sebagai contoh,
pada beberapa lingkungan bisnis, kurva pengalaman dapat digunakan untuk menghasilkan
keuntungan .
Saluran Distribusi
Aspek sistem distribusi yang digunakan
untuk analisis pasar adalah:
- Saluran distribusi saat ini – dapat dilihat dari bagaimana
saluran distribusi tersebut digunakan.
- Trend saluran pemasaran dan saluran yang muncul – saluran distribusi
baru dapat memberikan peluang berkembangnya keuntungan kompetitif.
-
Struktur kekuatan saluran
Trend Pasar
Perubahan
pasar penting dipertimbangan karena seringkali menjadi sumber peluang dan
ancaman baru. Trend pasar adalah kecenderungan pasar finansial untuk bergerak
pada arah tertentu sepanjang waktu. Trend tersebut digolongkan menjadi trend secular untuk kerangka jangka panjang,
trend primer untuk kerangka jangka menengah, dan trend sekunder untuk kerangka
jangka pendek.
Faktor Kunci Kesuksesan
Faktor kunci kesuksesan adalah elemen
yang dibutuhkan agar perusahaan mencapai tujuan pemasaran. Beberapa contoh
tersebut meliputi:
·
Penilaian sumberdaya penting
·
Kemampuan untuk mencapai ekonomi skala
·
Perkembangan teknologi
No comments:
Post a Comment