Friday, March 11, 2016

PROSES PEMASARAN PRODUK



Perusahaan harus melakukan penyelidikan kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi dan menghadirkan sebuah produk di pasar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Proses pelaksanaannya dapat dimodelkan dalam sebuah urutan langkah: analisis situasi untuk mengidentifikasi peluang, formulasi strategi untuk sebuah rencana nilai, penentuan keputusan taktis, implementasi rencana dan monitoring hasil.
Alur Proses Pemasaran Produk
 
Analisis situasi
Analisis situasi secara cermat dilakukan untuk mengidentifikasi peluang untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi. Selanjutnya untuk mengetahui kebutuhan konsumen, perusahaan harus memahami kapabilitasnya dan lingkungan di mana perusahaan beroperasi.
Selanjutnya analisis situasi dapat dilihat dari sisi analisis lingkungan eksternal dan analisis internal perusahaan itu sendiri. Lingkungan eksternal dapat dijelaskan dengan istilah faktor lingkungan makro yang banyak mempengaruhi banyak perusahaan dan faktor lingkungan mikro berhubungan erat dengan siatuasi tertentu dalam perusahaan.
Analisis situasi harus memasukkan aspek masa lampau, masa sekarang dan masa depan. Dalam hal ini termasuk riwayat yang menyebabkan terjadinya keadaan saat ini, dan analisis trend untuk meramalkan apa yang akan terjadi. Peramalan yang baik dapat mengurangi kesempatan menghadirkan produk yang hanya laku sementara.
Jika analisis situasi mengungkap celah antara apa yang diinginkan konsumen dengan apa yang saat ini ditawarkan kepada mereka, maka kemudian muncullah peluang untuk memperkenalkan produk untuk memuaskan konsumen. Karena itu, analisis situasi harus menghasilkan sebuah rangkuman masalah dan peluang. Dari rangkuman tersebut, perusahaan dapat menyesuaikan kemampuannya dengan peluang demi memuaskan keinginan konsumen secara lebih baik daripada berkompetisi.
Ada beberapa kerangka acuan yang dapat digunakan melakukan analisis situasi:
  • Analisis 5C  (company, customers, competitors, collaborators, climate) – Perusahaan – konsumen – kompetitor, kolaborator, iklim. Perusahaan menggambarkan situasi internal; empat aspek lainnya mencakup aspek eksternal perusahaan.
  • Analisis PEST – mencakup analisis situasi politik, ekonomi, social, dan teknologi.
  • Analisis SWOT – mencakup analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman – dilakukan secara internal maupun eksternal. Analisis SWOT digunakan untuk mempersingkat analisis situasi menjadi sebuah daftar masalah dan peluang yang paling relevan.  
Strategi Pemasaran
Jika peluang terbaik untuk memuaskan kebutuhan pelanggan telah diidentifikasi, maka rencana strategi untuk mengejar peluang dapat dikembangkan. Riset pasar akan menghasilkan informasi spesifik sehingga perusahaan bisa memilih segmen target dan secara optimal mengambil posisi penawaran pada segmen tersebut. Strategi pemasaran selanjutnya meliputi:
·         Segmentasi pasar
·         Penargetan (pemilihan target)
·         Penempatan produk pada target pasar
·         Proposisi nilai untuk target pasar

Keputusan Bauran Pemasaran
Rincian keputusan taktis kemudian dibuat sebagai parameter bauran pemasaran yang bisa dikontrol. Parameter tersebut meliputi:
-          Pengembangan produk – spesifikasi, desain, dan produksi unit pertama
-          Keputusan harga
-          Kontrak distribusi
-          Pengembangan kampanye promosi 

Implementasi dan Pengawasan
Pada tahap ini, rencana pemasaran dikembangkan dan produk diluncurkan. Karena lingkungan sudah statis, maka hasil usaha pemasaran dimonitor secara dekat. Karena pasar mengalami perubahan, maka bauran pemasaran disesuaikan dengan perubahan pasar tersebut. Perubahan kecil pada keinginan konsumen seringkali ditandai dengan perubahan pesan periklanan. Jika perubahan lebih besar, maka diperlukan desain ulang produk atau mengembangkan sebuah produk baru. Proses pemasaran tidak berakhir pada implementasi – pengawasan berkelanjutan dan penyesuaian perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara terus menerus sepanjang waktu.                    

No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews