Friday, March 4, 2016

KOMPETISI NON-HARGA (NON-PRICE COMPETITION)



Menurut ilmu ekonomi, kompetisi merupakan persaingan antar penjual demi memperoleh tujuan peningkatan profit, market share, dan volume penjualan melalui penggunaan berbagai elemen marketing mix : harga, produk, distribusi dan promosi. Kompetisi dibagi menjadi dua aspek utama, yaitu kompetisi harga dan kompetisi non-harga. Walaupun aspek harga merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran, namun harga bukanlah satu-satunya faktor penentu sukses perusahaan. Oleh karena itu ada aspek-aspek non-harga yang selalu dipertimbangkan oleh perusahaan ketika terlibat dalam persaingan  bisnis.

Kompetisi atau persaingan non-harga adalah strategi pemasaran produk dimana satu perusahaan mencoba membedakan produk atau jasanya dengan produk atau jasa dari pesainnya. Perusahaan juga bisa membedakan penawaran produknya melalui kualitas layanan, memperluas distribusi, fokus  pada pelanggan tertentu, atau beberapa strategi kompetitif berkelanjutan lainnya selain strategi harga. Kompetisi non-harga biasanya berupa belanja promosi (seperti periklanan, pengadaan staff penjualan, pemanfaatan lokasi, promosi penjualan, kupon, penawaran khusus, atau pemberian hadiah), riset pasar, pengembangan produk baru, dan pembiayaan manajemen merek.   
Perusahaan  akan melakukan kompetisi non-harga walaupun menggunakan biaya tambahan, karena penggunaan kompetisi non-harga biasanya lebih menguntungkan daripada melakukan penjualan dengan harga yang lebih rendah, dan menghindari resiko perang harga.
Walaupun beberapa perusahaan bisa saja menggunakan strategi non-harga, banyak juga perusahaan melakukan strategi kompetisi oligopoli dan monopoli, karena itu perusahaan sangat kompetitif. Perusahaan juga bisa memutuskan untuk melakukan kompetisi satu sama lain dalam bentuk non-harga seperti periklanan dan pengembangan produk. Perusahaan pelaku oligopoli biasanya tidak terlibat dalam kompetisi harga sehingga mereka biasanya cenderung menurunkan profit bisnis demi mendapatkan pasar spesifik.   
Baca juga: Bauran Promosi/Promotional Mix

No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews