Menurut ilmu ekonomi, kompetisi merupakan
persaingan antar penjual demi memperoleh tujuan peningkatan profit, market share, dan volume penjualan melalui
penggunaan berbagai elemen marketing mix
: harga, produk, distribusi dan promosi. Kompetisi dibagi menjadi dua aspek
utama, yaitu kompetisi harga dan kompetisi non-harga. Walaupun aspek harga merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran, namun harga
bukanlah satu-satunya faktor penentu sukses perusahaan. Oleh karena itu ada aspek-aspek non-harga yang selalu dipertimbangkan oleh perusahaan ketika terlibat dalam persaingan bisnis.
Kompetisi atau persaingan
non-harga adalah strategi pemasaran produk dimana satu perusahaan mencoba membedakan
produk atau jasanya dengan produk atau jasa dari pesainnya. Perusahaan juga bisa
membedakan penawaran produknya melalui kualitas layanan, memperluas distribusi,
fokus pada pelanggan tertentu, atau
beberapa strategi kompetitif berkelanjutan lainnya selain strategi harga.
Kompetisi non-harga biasanya berupa belanja promosi (seperti periklanan, pengadaan
staff penjualan, pemanfaatan lokasi, promosi penjualan, kupon, penawaran
khusus, atau pemberian hadiah), riset pasar, pengembangan produk baru, dan
pembiayaan manajemen merek.
Perusahaan akan melakukan kompetisi non-harga walaupun menggunakan
biaya tambahan, karena penggunaan kompetisi non-harga biasanya lebih
menguntungkan daripada melakukan penjualan dengan harga yang lebih rendah, dan
menghindari resiko perang harga.
Walaupun
beberapa perusahaan bisa saja menggunakan strategi non-harga, banyak juga perusahaan
melakukan strategi kompetisi oligopoli dan monopoli, karena itu perusahaan
sangat kompetitif. Perusahaan juga bisa memutuskan untuk melakukan kompetisi
satu sama lain dalam bentuk non-harga seperti periklanan dan pengembangan
produk. Perusahaan pelaku oligopoli biasanya tidak terlibat dalam kompetisi
harga sehingga mereka biasanya cenderung menurunkan profit bisnis demi
mendapatkan pasar spesifik.
Baca juga: Bauran Promosi/Promotional Mix
Baca juga: Bauran Promosi/Promotional Mix
No comments:
Post a Comment