Sunday, January 21, 2018

JENIS-JENIS BAURAN PROMOSI (PROMOTIONAL MIX)


Promosi merupakan upaya yang dilakukan untuk menginformasikan dan mempengaruhi orang agar tertarik untuk membeli produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Dalam pemasaran, bauran promosi atau promotional mix menjelaskan perpaduan variabel-variabel yang berkaitan dengan kegiatan promosi dipilih oleh penjual untuk membantu sebuah persahaan mencapai tujuannya. Bauran promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran. Diyakini bahwa ada sebuah cara yang optimal dalam mengalokasikan dana untuk berbagai elemen dalam bauran promosi demi mencapai hasil pemasaran, dan tantangan bagi pemasar adalah bagaimana mencari bauran yang benar. Kegiatan-kegiatan yang dikenal sebagai unsur-unsur bauran pemasaran  berbeda-beda, tetapi biasanya meliputi kegiatan-kegiatan berikut:
Advertising/Iklan
Iklan merupakan perkenalan dan promosi gagasan, barang, atau jasa melalui media massa. Misalnya melalui iklan cetak, radio, televisi, papan iklan, email, brosur, katalog, in-store display, poster, aplikasi handphone, gambar bergerak, halaman web, banner, dll.
Personal Selling
Personal selling adalah proses membantu dan mengajak calon pembeli untuk membeli suatu barang atau jasa atau untuk menjalankan suatu ide melalui presentasi lisan secara tatap muka atau melalui telepon. Contohnya adalah presentasi penjualan , sales meeting, pelatihan penjualan dan program insentif untuk perantara, pemberian sampel barang, dan telemarketing.  
Sales Promotion
Promosi penjualan adalah komukasi pemasaran melalui media atau tanpa media untuk mengantisipasi keterbatasan waktu untuk meningkatkan permintaan konsumen, pameran, merangsang permintaan atau meningkatkan ketersediaan produk. Contohnya adalah pemberian kupon, pengadaan undian, kontes, pemberian sampel produk, potongan harga, pertunjukan, dll.
Public Relation dan Publicity
Humas atau publisitas adalah penyebaran informasi tentang produk dan jasa yang dilakukan oleh pihak ketiga secara tidak langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan gratis bahkan berbayar untuk menstimulasi daya tarik.  Publisitas bisa dilakukan dengan cara menempatkan sebuah cerita pada media, atau menyajikannya melalui press release atau pesta ulang tahun perusahaan. Contohnya adalah dengan memasukkan artikel di surat kabar atau majalah, TV, radio, pemberian sumbangan oleh perusahaan, pidato, seminar, dll.
Direct Marketing
Pemasaran langsung adalah bentuk iklan yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan, dengan metode melalui pesan SMS, email, website konsumen interaktif, iklan online, selebaran, distibusi katalog, surat promosi, dan iklan outdoor.
Pencitraan Perusahaan
Kampanye citra perusahan juga dianggap sebagai bagian dari bauran promosi
Sponshorship
Sponsor kegiatan atau kontes atau lomba merupakan cara untuk menghasilkan periklanan yang positif.  
Guerrilla Marketing
Taktik pemasaran gerilya merupakan cara konvensional untuk menciptakan daya tarik terhadap sebuah ide atau produk atau jasan, seperti melalui penggunaan grafiti,  penyebaran stiker, selebaran, flash mob, kampanye pemasaran viral, atau metode lain menggunakan internet dengan cara yang tidak biasa.
Product Placement
Penempatan produk adalah membayar studio film atau show televisi agar memasukkan produk atau jasa dalam kegiatan tersebut.  

No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews