Promosi
merupakan upaya yang dilakukan untuk menginformasikan dan mempengaruhi orang agar
tertarik untuk membeli produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Dalam
pemasaran, bauran promosi atau promotional mix menjelaskan perpaduan variabel-variabel yang berkaitan
dengan kegiatan promosi dipilih oleh penjual untuk membantu sebuah persahaan
mencapai tujuannya. Bauran promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran.
Diyakini bahwa ada sebuah cara yang optimal dalam mengalokasikan dana untuk
berbagai elemen dalam bauran promosi demi mencapai hasil pemasaran, dan tantangan
bagi pemasar adalah bagaimana mencari bauran yang benar. Kegiatan-kegiatan yang
dikenal sebagai unsur-unsur bauran pemasaran berbeda-beda, tetapi biasanya meliputi
kegiatan-kegiatan berikut:
Advertising/Iklan
Iklan
merupakan perkenalan dan promosi gagasan, barang, atau jasa melalui media massa.
Misalnya melalui iklan cetak, radio, televisi, papan iklan, email, brosur, katalog,
in-store display, poster, aplikasi
handphone, gambar bergerak, halaman web, banner, dll.
Personal Selling
Personal
selling adalah proses membantu dan mengajak calon pembeli untuk membeli suatu
barang atau jasa atau untuk menjalankan suatu ide melalui presentasi lisan
secara tatap muka atau melalui telepon. Contohnya adalah presentasi penjualan ,
sales meeting, pelatihan penjualan
dan program insentif untuk perantara, pemberian sampel barang, dan
telemarketing.
Sales Promotion
Promosi
penjualan adalah komukasi pemasaran melalui media atau tanpa media untuk
mengantisipasi keterbatasan waktu untuk meningkatkan permintaan konsumen, pameran,
merangsang permintaan atau meningkatkan ketersediaan produk. Contohnya adalah pemberian
kupon, pengadaan undian, kontes, pemberian sampel produk, potongan harga, pertunjukan,
dll.
Public Relation dan Publicity
Humas
atau publisitas adalah penyebaran informasi tentang produk dan jasa yang dilakukan
oleh pihak ketiga secara tidak langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan gratis
bahkan berbayar untuk menstimulasi daya tarik. Publisitas bisa dilakukan dengan cara
menempatkan sebuah cerita pada media, atau menyajikannya melalui press release atau pesta ulang tahun perusahaan.
Contohnya adalah dengan memasukkan artikel di surat kabar atau majalah, TV,
radio, pemberian sumbangan oleh perusahaan, pidato, seminar, dll.
Direct Marketing
Pemasaran
langsung adalah bentuk iklan yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi
secara langsung dengan pelanggan, dengan metode melalui pesan SMS, email, website
konsumen interaktif, iklan online, selebaran, distibusi katalog, surat promosi,
dan iklan outdoor.
Pencitraan Perusahaan
Kampanye
citra perusahan juga dianggap sebagai bagian dari bauran promosi
Sponshorship
Sponsor
kegiatan atau kontes atau lomba merupakan cara untuk menghasilkan periklanan
yang positif.
Guerrilla Marketing
Taktik
pemasaran gerilya merupakan cara konvensional untuk menciptakan daya tarik terhadap
sebuah ide atau produk atau jasan, seperti melalui penggunaan grafiti, penyebaran stiker, selebaran, flash mob,
kampanye pemasaran viral, atau metode lain menggunakan internet dengan cara
yang tidak biasa.
Product Placement
Penempatan
produk adalah membayar studio film atau show televisi agar memasukkan produk
atau jasa dalam kegiatan tersebut.
No comments:
Post a Comment