Sunday, January 21, 2018

IDENTITAS PERUSAHAAN



Pengertian identitas perusahaan adalah cara dimana sebuah perusahaan memperlihatkan diri mereka terhadap publik baik kepada konsumen, investor maupun pekerja. Identitas perusahaan merupakan tujuan utama dari komunikasi perusahaan dengan tujuan untuk mempertahankan dan identitas sehubungan dengan tujuan perusahaan. Identitas perusahaan pada dasarnya ditampilkan dengan cara branding dan penggunaan merek dagang. Selain itu identitas perusahaan berkaitan pula dengan desain produk, periklanan, humas, dll.
Secara umum,  identitas perusahaan meliputi nama perusahan, logo, atau perangkat pendukung lainnya yang secara umum menggunakan panduan dari perusahaan. Panduan tersebut menentukan bagaimana penarapan identitas dan biasanya meliputi palet warna, jenis tampilan, tata letak (layout), huruf (jenis, ukuran dan bentuk), dll.
Identitas perusahaan merupakan seperangkat elemen multi-sensor yang digunakan oleh pemasar untuk mengkomunikasikan sebuah pernyataan visual tentang merek yang dimiliki perusahaan kepada konsumen. Elemen-elemen multi-sensor tersebut meliputi nama, logo, slogan, bangunan, dekorasi, seragam, warna perusahaan. Selain itu elemen-elemen tersebut juga meliputi tampilan fisik pekerja. Identitas perusahaan bisa lebih kuat atau lebih lemah.  Salah satu sifat perusahaan yang yang mempunyai identitas yang lebih kuat adalah konsonansi (kesesuaian)
Ada empat syarat utama dari sebuah merek dengan identitas yang kuat
  1. Diferensiasi. Merek perlu memiliki perbedaan atau alasan yang jelas. Keberadaan merek harus berbeda dengan yang lain dalam kesan.
  2. Relevansi. Merek perlu dihubungkan dengan perhatian orang lain. Untuk meningkatkatkan permintaan, merek perlu memahami dan memenuhi kebutuhan  dan keinginan target audiens
  3. Koherensi. Untuk meyakinkan audiens, merek harus koheren dengan apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan perusahaan.
  4. Penghargaan. Penghargaan merupakan sebuah reputasi merek yang diperoleh dari pelaksanaan janji secara jelas.  
Identitas yang kuat  berfungsi sebagai pedoman untuk menciptakan citra perusahaan. Beberapa karakter yang dimiliki perusahaan dengan identitas yang kuat adalah kesederhanaan simbol,  memiliki respons visual yang kuat dan mudah diingat.
Identitas visual memainkan peran penting dalam memperlihatkan sebuah organisasi kepada pihak internal maupun eksternal. Identitas visual menggambarkan nilai dan ambisi perusahaan, bisnisnya, dan karakteristiknya. Ada tiga tujuan keberadaan identitas visual untuk pihak eksternal.
Pertama, identitas visual menjadikan perusahaan dikenal dan diakui. Hal yang sangat penting adalah pengetahuan dan pengakuan masyarakat tentang keberadaan perusahaan dan mengingat nama dan inti bisnis sebuah perusahaan pada saat yang tepat.
Kedua, identitas visual merupakan simbol organisasi yang dilihat oleh pihak eksternal yang mendukung citra dan reputasi mereka. Identitas visual mendukung reputasi perusahaan.
Ketiga, identitas visual memperlihatkan struktur organisasi kepada pihak eksternal, memperlihatkan keterkaitan bahkan hubungan antar divisi atau unit dalam organisasi.
Keempat, fungsi identitas perusahaan untuk pihak internal berhubungan dengan pengetahuan pekerja terhadap organisasi di mana mereka bekerja. Pengetahuan tentang perusahaan sangat penting bagi pekerja.  










No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews