Pengertian identitas
perusahaan adalah cara dimana sebuah perusahaan memperlihatkan diri
mereka terhadap publik baik kepada konsumen, investor maupun pekerja. Identitas
perusahaan merupakan tujuan utama dari komunikasi perusahaan dengan tujuan
untuk mempertahankan dan identitas sehubungan dengan tujuan perusahaan. Identitas
perusahaan pada dasarnya ditampilkan dengan cara branding dan penggunaan merek dagang. Selain itu identitas perusahaan
berkaitan pula dengan desain produk, periklanan, humas, dll.
Secara
umum, identitas perusahaan meliputi nama
perusahan, logo, atau perangkat pendukung lainnya yang secara umum menggunakan panduan
dari perusahaan. Panduan tersebut menentukan bagaimana penarapan identitas dan
biasanya meliputi palet warna, jenis tampilan, tata letak (layout), huruf (jenis, ukuran dan bentuk), dll.
Identitas
perusahaan merupakan seperangkat elemen multi-sensor yang digunakan oleh
pemasar untuk mengkomunikasikan sebuah pernyataan visual tentang merek yang dimiliki
perusahaan kepada konsumen. Elemen-elemen multi-sensor tersebut meliputi nama,
logo, slogan, bangunan, dekorasi, seragam, warna perusahaan. Selain itu
elemen-elemen tersebut juga meliputi tampilan fisik pekerja. Identitas perusahaan
bisa lebih kuat atau lebih lemah. Salah satu
sifat perusahaan yang yang mempunyai identitas yang lebih kuat adalah konsonansi
(kesesuaian)
Ada
empat syarat utama dari sebuah merek dengan identitas yang kuat
- Diferensiasi. Merek perlu memiliki perbedaan atau alasan yang jelas. Keberadaan merek harus berbeda dengan yang lain dalam kesan.
- Relevansi. Merek perlu dihubungkan dengan perhatian orang lain. Untuk meningkatkatkan permintaan, merek perlu memahami dan memenuhi kebutuhan dan keinginan target audiens
- Koherensi. Untuk meyakinkan audiens, merek harus koheren dengan apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan perusahaan.
- Penghargaan. Penghargaan merupakan sebuah reputasi merek yang diperoleh dari pelaksanaan janji secara jelas.
Identitas yang kuat berfungsi sebagai pedoman untuk menciptakan citra
perusahaan. Beberapa karakter yang dimiliki perusahaan dengan identitas yang kuat
adalah kesederhanaan simbol, memiliki respons
visual yang kuat dan mudah diingat.
Identitas
visual memainkan peran penting dalam memperlihatkan sebuah organisasi kepada
pihak internal maupun eksternal. Identitas visual menggambarkan nilai dan ambisi
perusahaan, bisnisnya, dan karakteristiknya. Ada tiga tujuan keberadaan identitas
visual untuk pihak eksternal.
Pertama,
identitas visual menjadikan perusahaan dikenal dan diakui. Hal yang sangat penting
adalah pengetahuan dan pengakuan masyarakat tentang keberadaan perusahaan dan mengingat
nama dan inti bisnis sebuah perusahaan pada saat yang tepat.
Kedua,
identitas visual merupakan simbol organisasi yang dilihat oleh pihak eksternal
yang mendukung citra dan reputasi mereka. Identitas visual mendukung reputasi
perusahaan.
Ketiga,
identitas visual memperlihatkan struktur organisasi kepada pihak eksternal,
memperlihatkan keterkaitan bahkan hubungan antar divisi atau unit dalam
organisasi.
Keempat,
fungsi identitas perusahaan untuk pihak internal berhubungan dengan pengetahuan
pekerja terhadap organisasi di mana mereka bekerja. Pengetahuan tentang
perusahaan sangat penting bagi pekerja.
No comments:
Post a Comment