Manajer produk (product manager) adalah manajer yang melakukan tugas investigasi,
memilih, dan mendorong pengembangan produk, melaksanakan kegiatan manajemen
produk.
Seorang manajer produk perlu memahami berbagai faktor seperti faktor demografi, produk yang ditawarkan melalui kompetisi, dan bagaimana produk sesuai dengan model bisnis perusahaan. Secara umum, manajer produk mengatur satu produk nyata (tangible product) atau lebih. Namun, istilah tersebut bisa juga digunakan untuk menjelaskan seseorang yang mengatur produk tak nyata (intangible product) seperti produk musik, informasi, dan produk jasa. Peran manajer produk untuk industri tangible product kurang lebih sama dengan peran direktur program pada perusahaan jasa.
Seorang manajer produk perlu memahami berbagai faktor seperti faktor demografi, produk yang ditawarkan melalui kompetisi, dan bagaimana produk sesuai dengan model bisnis perusahaan. Secara umum, manajer produk mengatur satu produk nyata (tangible product) atau lebih. Namun, istilah tersebut bisa juga digunakan untuk menjelaskan seseorang yang mengatur produk tak nyata (intangible product) seperti produk musik, informasi, dan produk jasa. Peran manajer produk untuk industri tangible product kurang lebih sama dengan peran direktur program pada perusahaan jasa.
Banyak interpretasi terkait peran dari
manajer. Gelar manajer produk seringkali digunakan dalam banyak hal untuk
menjelaskan berbagai macan tugas dan tanggungjawabnya. Bahkan di industrI-industri
berteknologi mutakhir dimana manajemen produk dibatasi dengan lebih baik,
deskripsi pekerjaan manajer produk sangat luas di berbagai perusahaan. Hal ini
dikarenakan adanya tradisi dan interpretasi intuitif yang berbeda-beda.
Pada perusahaan layanan keuangan
(seperti perbankan dan asuransi), manajer produk mengatur produk seperti
portofolio kartu kredit), keuntungan dan kerugian, dan menentukan stretagi
pengembangan bisnis.
Pada beberapa perusahaan, manajer
produk juga bertindak sebagai:
- Manajer pemasaran (product marketing manager), yang melakukan semua aktivitas pemasaran outbound.
- Project manager, melaksanakan semua kegiatan terkait penjadwalan dan manajemen sumberdaya.
- Manajer program, melakukan kegiatan terkait penjadwalan, pengalokasian sumberdaya dan melaksanakan kegiatan lintas fungsional.
Peran manajer produk pada mulanya untuk
mengatur kompleksitas jajaran produk, hingga memastikan bahwa produk bisa
menghasilkan profit. Manajer produk bisa berasal dari berbagai latar belakang,
karena keterampilan dasar mereka terlibat dengan baik dengan pelanggan dan
memahami proses penyelesaian masalah dengan baik.
Baca: Manajemen Produk
No comments:
Post a Comment