Saturday, December 30, 2017

MANAJEMEN MEREK (BRAND MANAGEMENT)



Dalam bidang pemasaran, manajemen merek merupakan sebuah analisis dan perencanaan bagaimana sebuah merek bisa diterima di pasar. Pengembangan hubungan baik dengan target pasar merupakan hal penting dalam manajemen merek. Elemen-elemen tangible (tampak) dari manajemen merek meliputi produk itu sendiri; tampilan, harga, kemasan, dll. Elemen-elemen intangible (tak tampak) meliputi pengalaman konsumen terhadap merek, dan juga hubungan mereka dengan merek tersebut. Brand manajer akan memandang semua aspek dari asosiasi merek dengan konsumen bahwa hubungan dengan angggota rantai suplai.
Pada tahun 2001, Hislop mendefinisikan branding sebagai “proses penciptaan hubungan atau koneksi antara produk perusahaan dengan persepsi emosional konsumnen dengan tujuan untuk menciptakan segresi dalam kompetisi dan membangun loyalitas konsumen.” Pada tahun 2004 dan 2008, Kapferer dan Keller mendefinisikannya sebagai sebuah pemenuhan harapan konsumen dan kepuasan konsumen.
Manajemen merek merupakan sebuah fungsi pemasaran yang menggunakan teknik khusus demi meningkatkan penerimaan nilai sebuah produk (lihat, ekuaitas merek). Berdasarkan tujuan penentuan strategi marketing, manajemen merek memungkinkan harga produk mengalami peningkatan dan mengembangkan konsumen loyal melalui hubungan dan persepsi positif atau memperkuat kesadaran merek.
Manajemen merek merupakan proses identifikasi nilai inti dari sebuah merek tertentu dan merefleksikan nilai inti tersebut di antara target konsumen. Dalam istilah modern, merek bisa berupa perusahaan, produk, layanan, atau orang. Manajemen merek meningkatkan kredibilitas merek dan merek yang kredibel akan membangun loyalitas,  dan bisa memperoleh manfaat dari konsumen yang peka dengan harga.

No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews