Tuesday, January 9, 2018

STRATEGI PASAR / STRATEGI PEMASARAN

Strategi pasar atau strategi pemasaran (marketing strategy) merupakan keseluruhan rencana perusahaan untuk mencapai orang dan kemudian mengubahnya menjadi konsumen dari barang atau jasa yang disediakn oleh perusahaan. Strategi pasar suatu perusahaan meliputi unsur-unsur seperti Proposisi nilai perusahaan, pesan kunci pemasaran, informasi untuk pelanggan target, dan elemen-elemen lainnya. Strategi pasar menjadi informasi perencanaan pemasaran, yang merupakan sebuah dokumen mengupas tentang jenis dan penetapan waktu kegiatan pemasaran.
Orang-orang seringkali bingung dengan istilah strategi pemasaran dan rencana pemasaran. Strategi pemasaran dan rencana pemasaran tidak dimasukkan dalam satu dokumen tunggal. Strategi pemasaran mencakup gambaran besar tentang apa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis – Proposisi nilai dan pesan brand terkait. Rencana bisnis adalah tentang bagaimana sebuah bisnis menyampaikan pesan kunci seperti platform bisnis, kreativitas, penentuan waktu, dan sebagainya. Strategi pemasaran juga diserap ke dalam pernyataan nilai perusahaan dan dokumen lainnya.
Strategi pemasaran berkembang dari proposisi nilai perusahaan. Proposisi nilai merangkum tentang keuntungan kompetitif sebuah perusahaan yang ada pada sebuah pasar. Proposisi nilai biasanya menjadi pesan kunci untuk semua aspek pemasaran. Walmart misalnya merupakan penjual pesar dengan proposisi nilai “harga yang rendah tiap hari” dan operasi bisnis dan pemasarannya berputar pada masalah tersebut.
Jika Proposisi nilai dinyatakan dengan ringkas dan jelas, maka kerja keras harus dilakukan. Beberapa asset pemasaran, dari sebuah desian iklan cetakan untuk kampanye sosial media, maka dapat dinilai dari bagaimana asset tersebut mengomunikasikan proposisi nilai tersebut. Selanjutnya untuk efisien usaha pemasaran, penelitian pasar dapat dapat dimasukkan ke dalam strategi pemasaran dengan tujuan untuk mengidentifikasi audiens yang belum ‘termanfaatkan’ atau  ‘memperbaiki kembali’ target konsumen.
Perencanaan pemasaran merupakan dokumen operasional yang memerlukan perhatian besar karena merupakan pekerjaan harian yang harus dilakukan oleh perusahaan. Perencanaan pemasaran menjadi tidak berarti tanpa adanya sebuah pesan, target pasar, dan tujuan yang merupakan inti dari setiap strategi pemasaran.
Proposisi nilai merupakan sebuah pernyataan sebuah bisnis atau pemasaran yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk merangkum mengapa seorang konsumen harus membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa. Penyataan ini meyakinkan calon konsumen bahwa suatu barang atau jasa yang ditawarkan mempunyai nilai lebih atau lebih baik dalam menyelesaikan masalah dari barang atau jasa sejenis ditawarkan perusahaan lain. Perusahaan menggunakan pernyataan ini untuk konsumen target yang akan memperoleh banyak manfaat dari penggunaan produk perusahaan dan membantu mempertahankan saluran ekonomi.
Sebuah proposisi nilai merupakan sebuah jani dari sebuah perusahaan untuk segmen pelanggan atau konsumen. Begitu mudah untuk memahami alasan mengapa seorang pelanggan harus membeli suatu produk dari suatu perusahaan. Proposisi nilai harus berupa sebuah pernyataan yang jelas yang menjelaskan bagaimana produk mengatasi suatu titik yang sakit, mengomunikasikan manfaat tambahannya, dan menyatakan mengapa produk tersebut lebih baik daripada produk serupa yang ada pada suatu pasar. Proposisi nilai yang ideal harus singkat, dan sesuai dengan keinginan kuat dari konsumen.
Proposisi nilai sebuah perusahaan mengomunikasikan alasan nomor satu mengapa suatu produk merupakan produk terbaik untuk suatu segmen pasar. Karena itu, Proposisi nilai harus selalu ditampilkan secara mencolok pada website perusahaan dan pada titik-titik yang bisa diperhatikan oleh konsumen.  Selain itu Proposisi nilai harus lebih intuitif, agar konsumen bisa menbaca dan mendengar Proposisi nilai dan memahaminya tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.
Proposisi nilai sangat baik merupakan headline cetak tebal. Headline harus berupa kalimat, frase atau tagline tunggal yang mudah diingat. Sub-headline seringkali ditampilkan di bawah headline, yang merupakan tambahan penjelasan Proposisi nilai berupa paragraph pendek yang terdiri dari dua atau tiga kalimat, dengan menggunakan perincian bullet di bawah sub-heading sebagai list atau daftar ciri utama atau manfaat produk. Ini memungkinan konsumen untuk membaca sepintas Proposisi nilai dan menangkap ciri produk yang ditawarkan. Penambahan efek visual dapat meningkatkan kemudahan komunikasi perusahaan dengan konsumen.

No comments:

Post a Comment

KELEMAHAN KALKULASI PEMBANGUNAN BERBASIS PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO)

Masalah dari kalkulasi PDB ( Produk Domestik Bruto ) adalah bahwa metodologi perhitungan PDB mengandung banyak kelemahan besar, yait...

Total Pageviews