Strategi
pasar atau strategi pemasaran (marketing strategy) merupakan keseluruhan rencana perusahaan untuk
mencapai orang dan kemudian mengubahnya menjadi konsumen dari barang atau jasa
yang disediakn oleh perusahaan. Strategi pasar suatu perusahaan meliputi unsur-unsur
seperti Proposisi nilai perusahaan, pesan kunci pemasaran, informasi untuk pelanggan
target, dan elemen-elemen lainnya. Strategi pasar menjadi informasi perencanaan
pemasaran, yang merupakan sebuah dokumen mengupas tentang jenis dan penetapan
waktu kegiatan pemasaran.
Orang-orang
seringkali bingung dengan istilah strategi pemasaran dan rencana pemasaran. Strategi
pemasaran dan rencana pemasaran tidak dimasukkan dalam satu dokumen tunggal. Strategi
pemasaran mencakup gambaran besar tentang apa yang ditawarkan oleh sebuah
bisnis – Proposisi nilai dan pesan brand terkait. Rencana bisnis adalah tentang
bagaimana sebuah bisnis menyampaikan pesan kunci seperti platform bisnis,
kreativitas, penentuan waktu, dan sebagainya. Strategi pemasaran juga diserap
ke dalam pernyataan nilai perusahaan dan dokumen lainnya.
Strategi
pemasaran berkembang dari proposisi nilai perusahaan. Proposisi nilai merangkum
tentang keuntungan kompetitif sebuah perusahaan yang ada pada sebuah pasar. Proposisi
nilai biasanya menjadi pesan kunci untuk semua aspek pemasaran. Walmart
misalnya merupakan penjual pesar dengan proposisi nilai “harga yang rendah tiap hari” dan operasi
bisnis dan pemasarannya berputar pada masalah tersebut.
Jika
Proposisi nilai dinyatakan dengan ringkas dan jelas, maka kerja keras harus
dilakukan. Beberapa asset pemasaran, dari sebuah desian iklan cetakan untuk kampanye
sosial media, maka dapat dinilai dari bagaimana asset tersebut mengomunikasikan proposisi nilai tersebut. Selanjutnya untuk efisien usaha pemasaran, penelitian
pasar dapat dapat dimasukkan ke dalam strategi pemasaran dengan tujuan untuk
mengidentifikasi audiens yang belum ‘termanfaatkan’ atau ‘memperbaiki
kembali’ target konsumen.
Perencanaan
pemasaran merupakan dokumen operasional yang memerlukan perhatian besar karena
merupakan pekerjaan harian yang harus dilakukan oleh perusahaan. Perencanaan pemasaran
menjadi tidak berarti tanpa adanya sebuah pesan, target pasar, dan tujuan yang merupakan
inti dari setiap strategi pemasaran.
Proposisi
nilai merupakan sebuah pernyataan sebuah bisnis atau pemasaran yang digunakan
oleh sebuah perusahaan untuk merangkum mengapa seorang konsumen harus membeli suatu
barang atau menggunakan suatu jasa. Penyataan ini meyakinkan calon konsumen bahwa
suatu barang atau jasa yang ditawarkan mempunyai nilai lebih atau lebih baik
dalam menyelesaikan masalah dari barang atau jasa sejenis ditawarkan perusahaan
lain. Perusahaan menggunakan pernyataan ini untuk konsumen target yang akan
memperoleh banyak manfaat dari penggunaan produk perusahaan dan membantu
mempertahankan saluran ekonomi.
Sebuah proposisi nilai merupakan sebuah jani dari sebuah perusahaan untuk segmen pelanggan
atau konsumen. Begitu mudah untuk memahami alasan mengapa seorang pelanggan
harus membeli suatu produk dari suatu perusahaan. Proposisi nilai harus
berupa sebuah pernyataan yang jelas yang menjelaskan bagaimana produk mengatasi
suatu titik yang sakit, mengomunikasikan manfaat tambahannya, dan menyatakan
mengapa produk tersebut lebih baik daripada produk serupa yang ada pada suatu pasar. Proposisi
nilai yang ideal harus singkat, dan sesuai dengan keinginan kuat dari konsumen.
Proposisi
nilai sebuah perusahaan mengomunikasikan alasan nomor satu mengapa suatu produk
merupakan produk terbaik untuk suatu segmen pasar. Karena itu, Proposisi nilai
harus selalu ditampilkan secara mencolok pada website perusahaan dan pada titik-titik
yang bisa diperhatikan oleh konsumen. Selain
itu Proposisi nilai harus lebih intuitif, agar konsumen bisa menbaca dan
mendengar Proposisi nilai dan memahaminya tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.
Proposisi
nilai sangat baik merupakan headline cetak tebal. Headline harus berupa kalimat,
frase atau tagline tunggal yang mudah diingat. Sub-headline seringkali
ditampilkan di bawah headline, yang merupakan tambahan penjelasan Proposisi
nilai berupa paragraph pendek yang terdiri dari dua atau tiga kalimat, dengan
menggunakan perincian bullet di bawah sub-heading sebagai list atau daftar ciri
utama atau manfaat produk. Ini memungkinan konsumen untuk membaca sepintas Proposisi
nilai dan menangkap ciri produk yang ditawarkan. Penambahan efek visual dapat
meningkatkan kemudahan komunikasi perusahaan dengan konsumen.
No comments:
Post a Comment